Batu Ginjal menyerang Anda

Batu Ginjal menyerang Anda - Setiap detik tubuh kita sekarat, setiap 60 detik tubuh kita kehilangan 300 juta sel. Bayangkan saja, ini jumlah sel yang sangat banyak. Mungkin kita tidak pernah berpikir ginjal itu sangat berguna untuk membersihkan racun dalam tubuh kita. Tanpa kita sadari setiap yang masuk dalam tubuh kita mengandung racun. Apa jadinya bila ginjal anda tidak lagi berfungsi dengan baik?

Yang paling menakjubkan dari sebuah ginjal yang kecil ini adalah kapasitas filter dari ginjal itu sendiri. Setiap satu ginjal anda mengandung 1 juta filter. Hal ini berarti di dalam tubuh manusia yang normal mengandung 2 juta filter yang mampu menyaring 1,3 liter darah setiap menit yang anda lalui dan mengeluarkan urine atau zat racun bagi tubuh sebanyak 1,4 liter setiap harinya. Apa jadinya bila ginjal anda tidak berfungsi? Kemungkinan racun akan menumpuk dalam tubuh kita, bila tubuh tidak mampu mentolerir racun tersebut kita akan sering sakit dan dekat dengan kematian.
Batu Ginjal menyerang Anda

Siapapun kamu bisa saja terserang batu ginjal, Nah untuk mengetahuinya disini akan dijelaskan beberapa hal terkait batu ginjal. Selain kamu bisa mengetahui apa tanda-tanda dari batu ginjal, anda juga tahu bagaimana caranya untuk terhindar dari batu ginjal. Batu ginjal jangan disepelekan. Sebab lama kelamaan bisa menyebabkan Gagal ginjal apabila dibiarkan. Kalaupun ada solusi dari penyakit gagal ginjal barangkali pilihannya sangat sulit yaitu pengangkatan ginjal itu sendiri dan atau melakukan cuci darah sebab ginjal tak mampu lagi melakukan tugas-tugasnya didalam tubuh. Bila tidak dilakukan barangkali kematian akan menjemput nyawa anda.

Batu ginjal salah satu kelainan pada saluran kemih. Penyakit batu saluran kemih sudah dikenal sejak zaman babilonia dan zaman mesir kuno. Sebagai salah satu buktinya adalah diketemukan batu pada kandung kemih seorang mumi yang diperkirakan sudah berumur sekitar 7000 tahun.

Menurut beberapa literatur dalam dunia kedokteran (Guyton,2008) mengatakan bahwa batu ginjal merupakan masa keras seperti batu yang terbentuk didalam organ ginjal kita. Batu bisa terbentuk dari pengendapan garam kalsium, oksalat dan asam urat yang berlebihan dalam proses metabolisme tubuh kita yang tidak dapat dicerna oleh ginjal. Tanda-tanda proses penyakit ini yang sangat mudah dikenali seperti proses miksi atau berkemih seseorang tiba-tiba terputus atau terasa sakit saat berkemih selain itu nyeri kolik yang hebat di daerah antara tulang rusuk dan tulang pinggang yang menjalar ke perut juga daerah kemaluan dan paha sebelah dalam hingga dapat menyebabkan kram yang hebat hingga seseorang pingsan.

Jika anda mengalam kejadian seperti diatas, sebaiknya anda tak perlu bingung dan takut. Sebab dengan membaca rubrik ini anda akan mengetahui bagaimana anda dapat menikmati hidup bebas dari batu ginjal. Bila sakit yang anda rasakan belum begitu parah atau biasa-biasa saja, banyak-banyaklah minum air putih. Jangan nanti, jangan besok atau jangan lusa tapi sekarang, saat anda membaca ini, anda segera beranjak dari posisi anda untuk mengambil air putih dan minum sebanyak-banyaknya. Karena apa? Perlu kita ketahui bahwa kurangnya asupan air putih dan tingginya kadar mineral dan kalsium pada air yang dikonsumsi dapat menimbulkan batu ginjal. Selain itu hati-hati bagi anda yang kurang beraktivitas ataupun yang pekerjaannya lebih banyak duduk atau sedentary life karena hal tersebut merupakan salah satu penyebab batu ginjal.

Selain air putih dapat menghindari anda dari penyakit batu ginjal, minum air putih sebanyak-banyaknya juga dapat mengeluarkan batu ginjal melalui urine apabila batu yang terbentuk masih sangat kecil sekali hanya sekitar 1-2 mm. Namun apabila batu ginjal sudah sebesar anggur itu tidak mungkin terjadi.Tidak perlu khawatir periksakan diri anda ke rumah sakit terdekat untuk segera mendapatkan pertolongan.

Batu ginjal yang menghambat proses perkemihan harus segera mendapat tindakan bila anda tidak ingin terjadi penumpukan cairan di dalam ginjal, sehingga lama kelamaan ginjal akan membengkak, selain itu batu di ginjal juga dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah ke ginjal sehingga ginjal anda yang tidak mendapatkan oksigen dari darah akan mengalami kematian jaringan, infeksi dan gagal ginjal. Itu artinya anda menyia-nyiakan kesempatan untuk hidup yang berkualitas.

Beberapa tindakan yang akan dilakukan pada penyakit batu ginjal yaitu tanpa operasi dikenal dengan ESWL yaitu penderita akan berbaring di suatu alat dan akan dikenakan gelombang kejut untuk memecahkan batunya sampai sekecil-kecilnya dan hancur sehingga memudahkan batu keluar melalui urin. 

Namun bila batunya sudah mengeras, ini bukan menjadi solusi untuk menghilangkan batu di ginjal. ESWL juga tidak boleh digunakan oleh penderita darah tinggi, kencing manis, gangguan pembekuan darah dan fungsi ginjal, wanita hamil dan anak-anak, serta berat badan berlebih (obesitas). Penggunaan ESWL untuk terapi ginjal pada wanita dan anak-anak juga harus dipertimbangkan dengan serius sebab ada kemungkinan terjadi kerusakan pada ovarium. Untuk tindakan operasi yaitu ada endrologi, operasi terbuka dan pemasangan stent untuk mempermudah mengalirnya urin ke saluran kemih sehingga ginjal yang tadinya sudah membengkak akan menipis kembali ke ukuran normal.

Nah, untuk kamu pembaca yang tidak mau terkena penyakit batu ginjal. Sebaiknya sayangi ginjal anda dengan merawat ginjal anda sebaik mungkin. Bahkan penderita batu ginjal yang sudah pernah dioperasipun masih berpeluang untuk terkena batu ginjal kembali bila tidak tahu cara pencegahannya. Menurut Brunner & Suddarth (2008) ; pencegahan batu ginjal dengan menghindari dan membatasi makanan sebagai berikut : 

Batu ginjal terutama mengandung kalsium, fosfor dan oksalat. Makanan kaya vitamin D harus dihindari karena vitamin D meningkatkan penyaringan kalsium. Garam meja dan makanan tinggi natrium harus dikurangi (setiap membeli makanan baca komposisi makanan yang tertera natrium). Ada juga makanan yang harus dihindari yaitu Produk susu: semua keju (kecuali keju yang lembut dan keju batangan); susu dan produk susu (lebih dari ½ cangkir per hari); yoghurt. Daging, Ikan, Unggas: otak, jantung, hati, ginjal, sardin, telur ikan, binatang buruan (ayam hutan, kelinci, rusa, burung belibis). Sayuran : bit hijau, bit, lobak, bayam, lobak cina, buncis, kedelai dan seledri. Roti, Sereal, Pasta : sereal, roti, gandum, semua roti yang dicampur pengembang roti, jagung giling. Minuman: teh, coklat, minuman berkarbonat, bir, dan semua minuman yang terbuat dari susu dan produk susu. Lain-lain: kacang, mentega, semua krim, makanan pencuci mulut yang dicampur susu ataupun produk susu.

Subscribe to receive free email updates: