Khasiat Kentang Bagi Kesehatan

Manfaat Kentang : Selain sebagai sumber karbohidrat, kentang juga mengandung sejumlah mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Antara lain bisa membantu menstabilkan tekanan darah dan gula darah, serta menurunkan berat badan. Sumber karbohidrat ini mengandung sejumlah mineral dan vitamin. Hasil uji laboratorium, karbohidrat pada kentang mencapai sekitar 18 persen, protein 2,4 persen dan lemak 0,1 dari 100 gram kentang adalah sekitar 80 kkal.

Selain itu kentang merupakan satu-satunya jenis umbi yang kaya vitamin C. Kadarnya mencapai 31 miligram per 100 gram bagian kentang yang dapat dimakan. Umbi-umbian lainnya sangat miskin akan vitamin C. Kentang juga merupakan sumber potensial berbagai mineral, seperti kalsium (Ca); fosfor (P); besi (Fe); dan kalium (K), masing-masing 26; 49; 1,1; dan 449 mg per 100 g. Di lain pihak, kandungan natriumnya sangat rendah, yaitu 0,4 mg/100 g.

Selain biasa dikonsumsi langsung setelah direbus, kentang juga dapat diolah menjadi minuman. Minuman tersebut dipercaya dapat menghilangkan gejala Premenstrual Syndrome (PMS), yaitu keluhan sebelum dan saat menstruasi. Pemberian minuman kentang yang disiapkan cara melarutkan konsentrat karbohidrat kentang dengan sejumlah air, diyakini dapat memperbaiki mood wanita yang sedang menstruasi dalam waktu 30 menit setelah mengonsumsinya. Karena itu, minuman kentang tersebut dikenal sebagai “PMS Escape”, dapat membebaskan seseorang dari gejala PMS.

Kentang yang telah di jus ternyata juga efektif untuk meredam asma kulit (sejenis alergi pada kulit). Berbagai penelitian juga mengungkapkan, irisan kentang mentah dan jusnya dapat mengurangi rasa sakit pada sendi, radang otot, dan rematik. Ampasnya dapat digunakan untuk masker muka dan mengobati luka kecil atau luka terbakar ringan karena sifatnya yang mendinginkan luka. Kentang dipilih sebagai sumber karbohidrat pengganti beras, terutama bagi mereka yang ingin mengontrol kadar gula darah. Kandungan karbohidrat kompleks dan fiber kentang dipercaya mampu membantu menekan laju gula dan tekanan darah (hipertensi). 

Menurut Dr. Walker dengan bantuan dr. R. D,. Nope, dr. N. E. Kircher, John H. Tobe, Dr. L. Newman dan Susan E. Charmmie :

Sari kentang mengandung zat gula yang jika dimasak berubah menjadi kanji (tepung kanji). Kalau kentang dan daging di masak bersamaan maka akan meningkatkan racun solanin (sejenis racun alkali berwarna hijau di dalam kentang yang dapat mempengaruhi dan mengganggu urat urat syaraf aloat kelamin.

Namun Demikian, sari kentang mentah telah terbukti sebagai pembersih kulit. Pembersihan kulit ini dapat terjadi karena dalam kentang itu terdapat banyak potassium, belerang, fosfor dan chlor. Kalau kentang itu dimasak maka unsur unsurnya berubah menjadi atom atom anorganis dan tidak akan banyak faedahnya dalam membangun jaringan jaringan tubuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat Kentang Bagi Kesehatan"

Post a Comment