Khasiat Semangka Bagi Kesehatan

Semangka adalah tanaman yang berasal dari Afrika bagian selatan. Seperti buah-buah yang lain, semangka merah maupun semangka kuning memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Semangka banyak mengandung vitamin C, A, B, dan Vitamin K. Selain itu juga mengandung kalium, magnesium, asam pantotenat, tembaga, besi, mangan, selenium dan zinc.

Semangkang mengandung 6888 mcg likopen. Mensuplai kebutuhan serat sebesar 2%. Semangka sedikit mengandung kalori yaitu hanya 45 per gelas dan lemak hanya sebesar 0.23 gram sehingga ideal dikonsumsi oleh orang yang melakukan diet.

Berikut ini adalah manfaat semangka untuk kesehatan
  1. Baik untuk Jantung - Semangka tmeningkatkan arginin (asam amino) dalam tubuh kita. Arginin digunakan dalam pembuatan nitrous oxide, yang membantu merelaksasi pembuluh darah kita. Karena itu, semangka akan sangat membantu dalam mencegah stroke dan serangan jantung.
  2. Mengurangi Tekanan Darah - Karena arginin mempengaruhi relaksasi pembuluh darah kita, maka semangka juga berkemampuan mengatur tekanan darah. Komponen kalium dan magnesium dalam semangka dapat membantu dalam mengurangi tekanan darah.
  3. Memperkuat gairah - Semangka berisi citrulline, yang dapat memicu produksi senyawa dalam tubuh yang membantu merelaksasi pembuluh darah tubuh, cara kerja ini mirip dengan cara kerja viagra.
  4. Mencegah Kanker - Semangka merah likopen dikenal sangat penting dalam pencegahan kanker. Selain semangka, tomat kaya akan lycopene.
  5. Penglihatan- semangka mengandung vitamin C dan vitamin A yang baik untuk mata kita.
  6. Untuk Perut - semangka adalah pada dasarnya air alkali sebesar 92%. Air alkali baik utnuk perut kita terutama bagi mereka yang menderita ulkus.
  7. Menghindari Bau Mulut - Menurut para ahli, semangka dapat sangat membantu dalam mencegah dan mengurangi bau mulut.
  8. Baik untuk Ginjal - Semangka memiliki kemampuan seperti air kelapa. Mengkonsumsi semangka dapat membersihkan ginjal dan kandung kemih. Jika urin Anda telah terinfeksi, makan semangka dan air minum untuk mengurangi kuman di dalam kandung kemih. Dan jika Anda menderita batu ginjal, semangka juga membantu Anda.
  9. Mengatasi Asam Urat- Jus semangka menurunkan asam urat dalam tubuh kita.
  10. Minuman-Energi, semangka kaya akan vitamin B, potasium, dan zat besi. Karena itu, memberikan kekuatan untuk tubuh. Selain itu, semangka mengandung gula alami yang dapat membantu mempertahankan energi kita. Semangka dapat menyegarkan tubuh Anda terutama saat cuaca panas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat Semangka Bagi Kesehatan"

Post a Comment