Cara Mengatasi Keputihan Berlebihan

Post oleh : kang ombar | Rilis : 12:14 AM | Series :
Keputihan setelah datang bulan adalah hal yang wajar, dan dialami oleh banyak wanita tentunya dan tidak perlu diatasi. Tetapi bagaimana jika keputihan tersebut berlebihan atau selalu datang dalam jangka waktu yang panjang? Yang pasti banyak muncul pertanyaan dalam hal mengatasi keputihan yang berlebihan tersbut, tetapi sebelumnya kita akan membahas sekilas tentang keputihan. 

Keputihan atau Fluor Albus merupakan sekresi vaginal pada wanita. Keputihan pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis). keputihan fisiologis adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulannya, biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun masa subur. 

Cara Mengatasi Keputihan Berlebihan
Keputihan patologis dapat disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Yang sering menimbulkan keputihan ini antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan kesaluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil. (wikipedia).

Keputihan adalah keadaan dimana adanya cairan yang keluar melalui vagina secara berlebihan. Cairan tersebut dapat bersifat normal atau karena adanya gangguan oleh penyakit-penyakit tertentu.
Keputihan yang dianggap normal atau fisiologis adalah keputihan dimana cairan yg keluar berwarna jernih, berlendir, tidak bau, dan tidak gatal. Hal ini dapat dikarenakan :

1. Menjelang haid
2. Selama kehamilan
3. stress

Sedangkan keputihan yang tidak normal atau patologis biasanya dikarenakan :


1. Infeksi karena bakteri, jamur, kuman, dll
2. Ulkus vagina
3. kanker
4. endometriosis
5. kista, dll.

Jamur yang menimbulkan keputihan adalah candida albicans, dimana keputihannya biasanya encer dan berwarna putih, baunya agak apek dan disertai rasa gatal. Sedangkan keputihan yang disebabkan oleh kuman atau bakteri, biasanya berbau busuk, kadang-kadang disertai nyeri di sekitar kemaluan dan nyeri pada saat buang air kecil. 


Cara Mencegah Terjadinya Keputihan Yang Abnormal
  1. Selalu menjaga kebersihan alat vital.
  2. Membilas alat vital dengan benar seperti dari depan ke belakang.
  3. Waspadai penggunaan toilet umum.
  4. Jangan berganti-ganti pasangan seksual.
  5. Jalani pola hidup yang sehat seperti berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang.
Cara Mengobati Keputihan Yang Abnormal
Bahan :
Ambil tiga batang tanaman sambiloto

Cara Membuat :
1. Tanaman Sambiloto tersebut di cuci sampai bersih lala potong-potong
2. Setelah itu potongan tersebut direbus menggunaan 4 gelas air
3. Biar sampai mendidih dan pastikan sebisa mungkin, air yang di rebus tadi tinggal 2 gelas, supaya hasilnya maksimal.
4. Jangan lupa supaya air tersebut disaring.

Cara Memakai :
1. Diminum tiga kali sehari dengan dosis tiga perempat gelas setiap kali minum.
2. Jika perlu ditambahkan madu secukupnya

Itulah tips untuk mengatasi keputihan yang berlebihan, semoga tips dari Cara Hidup Sehat ini memberikan hasil yang maksimal. Jika anda memiliki tips lain, silahkan komentar dibawah ini, karena dengan itu kita bisa membantu teman yang lain, tanpa mengeluarkan biaya yang banyak. Terima Kasih.

google+

linkedin