Keputihan Pada Ibu saat Hamil Muda

Post oleh : kang ombar | Rilis : 12:12 AM | Series :
Apakah anda mengalami keputihan? Apakah anda sedang hamil muda? Jika anda sedang hamil muda dan mengalami keputihan itu wajar, namun tetap saja musti harus hati-hati dan waspada. Dari bermacam keputihan, ada tiga jenis yang dapat terjadi pada kondisi hamil. Yaitu kandidosis vulvovaginal, vaginosis baterialis dan trikomoniasis.

Selain itu juga, para ibu yang sedang hamil muda kemungkinan mendapat lendir yang mirip-mirip keputihan, apakah ini berbahaya? Umumnya, keputihan bukanlah penyakit, melainkan gejala adanya penyakit atau kelainan tertentu. Jangan khawatir, keputihan yang terjadi saat hamil normal terjadi.

Mengapa Hal ini terjadi? Selama hamil, tubuh Anda tentu mengalami banyak perubahan. Salah satu perubahan yang mudah dikenali adalah keluarnya lendir dari Miss V. Biasanya, jumlah lendir yang keluar pada masa ini meningkat dari biasanya. Ternyata, ini akibat pengaruh hormon yang diproduksi selama kehamilan, misalnya estrogen. dan Umumnya, keputihan pada masa kehamilan bertekstur encer, berwarna putih agak bening campur putih seperti susu, tidak menyebabkan gatal, serta tidak berbau busuk.
Keputihan Pada Ibu saat Hamil Muda

Tetapi ada hal yang perlu diwaspadai? Keputihan tergolong abnormal bila yang terjadi ditandai dengan:
  • Lendir kental dan lengket.
  • Lendir berwarna kehijauan atau kekuningan, bahkan sampai kemerahan atau kecokelatan.
  • Berbau tidak enak dan menyengat.
  • Daerah Miss V berwarna kemerahan dan terasa gatal.
Jika Anda mengalami keputihan normal tersebut sebaiknya tidak perlu diatasi, karena keputihan Anda tergolong normal alias akibat aktivitas kelenjar penghasil hormon kehamilan, keadaan ini akan hilang dengan sendirinya begitubayi lahir.

Tetapi Jika status anda adalah keputihan abnormal, berikut ini kami sajikan tips buat anda.

Tips Cara Mengatasi Keputihan Wanita Saat Hamil Muda

1. Gunakan selalu pakaian dalam dari bahan katun dan hindari pakaian dalam dari bahan sintetis serta celana ketat.

2. Usahakan agar jangan menggunakan panty liner setiap hari.

3. Usai mandi usahakan area genital benar-benar kering. Gunakan pengering berupa handuk yang bersih dan jangan menggunakan tissue yang beraroma wangi.

4. Bersihka area genita dari depan kebelakang setiap laki selesai berkemih atau buang air besar karena dapat membantu mengurangi kontaminasi mikroorganisme dari saluran kemih dan anus.

5. Kurangi mengkonsumsi makanan manis serta yang mengandung kafein

6. Jangan gunakan Douche (ini dapat mengganggu keseimbangan PH normal dan mengakibatkan infeksi Miss V)
7. Konsultasi dengan dokter atau bidan sebelum membeli obat apapun.

8. Gunakan kompres es untuk meringankan gejala di daerah Miss V.

9. Gunakan sabun tanpa parfum.

Semoga tips keputihan ibu hamil ini bermanfaat buat anda, tetapi apakah anda mengalami yang sama namun memiliki cara yang berbeda untuk mengatasinya? kami sangat berharap anda bisa membaginya lewat komentar dibawah ini, Cara Hidup Sehat akan mempublishnya di artikel ini. Terima kasih.

google+

linkedin