Berbagai Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Manfaat susu kedelai bagi kesehatan
Berbagai Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan - Kedelai merupakan makanan yang paling lengkap akan kandungan gizinya, karena kedelai mengandung protein, lemak, serat, vitamin dan mineral yang baik dan tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh agar selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Kedelai mengandung protein yang lebih baik dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya karena kedelai mengandung semua asam amino esensial yang baik untuk tubuh, dan kelebihan lainnya adalah dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit seperti diabetes, jantung, penggumpalan darah dan juga pengerasan pembuluh darah, serta menurunkan kadar kolesterol dan masih banyak yang lainnya.

Biasanya kedelai diolah menjadi makanan lain seperti tahu atau tempe, dan tentunya kita sudah terbiasa dengan kedua makanan tersebut sebagai pelengkap lauk pauk atau dibuat masakan lainnya, namun tidak hanya itu kedelai juga dapat diolah menjadi minuman susu kedelai yang sangat baik untuk kesehatan, dan tahukah anda ternyata manfaat susu kedelai lebih baik dibandingkan dengan susu sapi, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba beralih dari susu sapi ke susu kedelai.

Kelebihan susu kedelai dibandingkan dengan susu sapi:
  • Non kolesterol
  • Cocok dikonsumsi oleh anak maupun dewasa
  • Tidak mengandung lemak jenuh
  • Mengandung serat
  • Mengandung protein tinggi
  • Mengandung saponin
  • Mengandung isoflavon
  • Mengandung lechitin
  • Mengandung phytoestrogen alami
Beberapa manfaat susu kedelai untuk kesehatan:
  • Menurunkan kolesterol, kandungan asam lemak tak jenuh dalam kedelai bermanfaat menghambat pengangkutan kolesterol dalam darah dan dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  • Mencegah osteoporosis, kandungan fitoestrogen dalam kedelai bermanfaat untuk mempercepat penyerapan kalsium di dalam tubuh sehingga berdampak tulang menjadi lebih kuat sehingga mengurangi resiko terkena osteoporosis.
  • Membantu menurunkan berat badan, kandungan gula dalam susu kedelai lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi, serta asam lemak dalam susu kedelai dapat bermanfaat untuk menghambat penyerapan lemak di usus karena itu susu kedelai sangat cocok dikonsumsi untuk mereka yang sedang diet.
  • Mencegah kanker prostat, kandungan fitoestrogen dalam susu kedelai sangat bermanfaat untuk menghambat produksi testosterone sehingga mengurangi resiko terkena penyakit kanker prostat pada pria.
  • Mengatasi gejala menopause, susu kedelai mengandung isoflavon yang bermanfaat untuk mengatur hormon estrogen sehingga wanita yang memasuki masa menopause akan lebih sehat.
  • Menyehatkan jantung, kandungan lemak jenuh yang sangat sedikit dalam susu kedelai sangat baik untuk kesehatan jantung anda.
  • Minuman vegetarian, susu kedelai merupakan pilihan yang tepat untuk para vegetarian karena dalam susu kedelai mengandung sumber vitamin, mineral, protein, karbohidrat dan juga lemak.
  • Minuman untuk penderita autisme, untuk penderita autisme dapat mengganti susu sapi dengan susu kedelai karena susu kedelai tidak mengandung glutein dan kasein yang dapat mengakibatkan gangguan fungsi otak.
  • Mencegah penuaan dini, susu kedelai sangat baik untuk mengatasi penuaan dini seperti keriput dan wajah menjadi kusam karena susu kedelai mengandung anti oksidan yang dapat menangkal penuaan dini sehingga orang yang rutin mengkonsumsi susu kedelai akan terlihat lebih awet muda.
  • Anti kanker, susu kedelai merupakan sumber mineral, selenium, isoflvon, asam amino triptopan serta vitamin E yang berfungsi sebagai anti oksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas pemicu penyakit kanker.
  • Mencegah migraine, dengan mengkonsumsi susu kedelai secara teratur penyakit sakit kepala sebelah atau migraine yang disebabkan oleh defisiensi zat gizi dapat dicegah karena susu kedelai merupakan sumber vitamin, mineral dan asam amino.
Cara membuat susu kedelai sendiri:
  1. Siapkan kedelai lalu cuci dengan air bersih
  2. Kemudian rebus selama 15 menit setelah itu rendam dengan air selama 12 jam.
  3. Lalu cuci kembali sambil diremas-remas sampai kulitnya mengelupas.
  4. Setelah bersih lalu blender dengan menambahkan air.
  5. Tambahkan air panas secukupnya lalu aduk sampai merata.
  6. Kemudian disaring sampai menghasilkan sari kacang hijau.
  7. Tambahkan gula, perasa dan NaPO4 kemudian disaring kembali.
  8. Panaskan sambil diaduk tapi usahakan untuk tidak sampai mendidih.
  9. Kemudian tuang susu kedelai ke dalam botol dan rendam dalam air mendidih selama 15 menit.
  10. Kemudian botol ditutup sampai rapat dan rendam kembali dalam air mendidih selama 15 menit.
  11. Terakhir angkat botol lalu dinginkan pada suhu ruang.
  12. Susu kedelai sudah siap untuk dikonsumsi.
  13. Selamat mencoba!
Itulah artikel mengenai manfaat susu kedelai bagi kesehatan yang sangat baik dikonsumsi secara rutin agar tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tags:
budidaya kedelai, manfaat kedelai, harga kedelai, kacang kedelai, resep susu kedelai, susu kedelai melilea, tanaman kedelai, sari kedelai.

Subscribe to receive free email updates: